Wednesday, October 27, 2010

Modal Utama Menuju Sukses

Manusia memiliki tiga modal utama dalam meraih kesuksesan, adapun ketiga modal utama tersebut adalah economic capital, symbolic capital dan cultural capital. Economic capital berhubungan dengan materi yang dimilikinya, symbolic capital terkait dengan reputasi dan kedudukannya di masyarakat serta cultural capital berhubungan dengan latar belakang serta pendidikan seseorang.  Dan karena tujuan hidup kita, sebagai muslim bukanlah semata-mata hanya kesuksesan dunia, namun juga kesuksesan di akhirat, maka perlu kiranya menambahkan satu lagi capital yang kita butuhkan yakni faith capital, alias modal keimanan.
Modal keimanan ini sangat dan sangat dibutuhkan, sebagai bekal bagi kita semua untuk menjalankan amanah-amanah yang telah dipercayakan kepada kita, manusia. Salah satu cara menambah modal keimanan adalah dengan membangun ilmu dan pengetahuan serta berbagi pengalaman dengan manusia lainnya, dalam jamaah. Melebur dalam sebuah ikatan persaudaraan, jadikan kita lebih kuat dan bisa saling mendukung satu sama lainnya. Bercampur  dan bergaul dengan orang banyak merupakan cara yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW serta para Nabi Iain-lain shalawatullah wa salamuhu 'alaihim, begitu juga dilakukan oleh para khulafa'ur rasyidin dan orang-orang yang sesudah mereka, yaitu dari golongan para sahabat serta para tabi'in dan pula orang-orang yang sesudah mereka dari golongan alim-ulama kaum Muslimin dan orang-orang yang pilihan di antara mereka. Dalam beribadah secara sempit pun ada hukum yang secara langsung berkaitan dengan jamaah, seperti shalat, puasa Ramadhan dan ibadah haji.
Rasulullah menasehati tentang pentingnya berkumpul/berjama’ah dengan nasehat yang berbunyi, “Sesungguhnya serigala akan memangsa kambing yang terpisah dari rombongannya.” Dalam hal ini syetan akan lebih mudah menghancurkan orang yang sendiri, tanpa jama’ahnya. Sementara syetan tidak akan pernah istirahat dalam upaya mengajak manusia ke jalan yang tidak diridhai, “Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur.” (Q.S Al A’raf ayat 17)

No comments:

Post a Comment