Saturday, November 13, 2010

Jangan Nonton TV Terlalu Dekat

Apa itu sinar biru?
Sinar biru adalah sinar dengan panjang gelombang 400 - 500 nm pada spektrum sinar yang masih dapat diterima oleh mata. Secara alamiah, sinar biru dipancarkan oleh matahari. Sumber-sumber lain penghasil sinar biru adalah layar televisi, komputer, lampu neon (TL).

Mengapa sinar biru berbahaya bagi mata?
Karena sinar biru bisa menimbulkan luka fotokimia pada retina mata. Resiko kerusakan akibat paparan sinar biru lebih besar pada anak dibanding pada orang dewasa. Hal ini disebabkan tingkat kejernihan lensa mata anak lebih tinggi dibanding pada orang dewasa, sehingga lebih banyak sinar biru yang akan ditangkap oleh retina mata anak (sekitar 70 - 80%) dibanding retina mata orang dewasa (sekitar 50%). (Bandingkan lensa mata anak-anak yang terlihat lebih jernih/putih dibanding lensa mata orang dewasa yang agak kekuningan). Akumulasi paparan sinar biru ini akan menyebabkan suatu penyakit yang disebut degenerasi makula yang akan muncul pada saat dewasa.

Apa itu degenerasi makula?
Sedikit mengingat pelajaran Biologi di SMA, retina atau selaput jala adalah jaringan yang terletak pada dinding bola mata bagian dalam tepatnya di bagian belakang dan berfungsi menerima bayangan yang datang melalui lensa mata. Di pusat retina ini terdapat daerah amat kecil yang mengurus penglihatan sentral pada arah pandangan lurus ke depan dan diperlukan saat membaca atau berbagai tugas penglihatan detail lainnya. Daerah amat kecil inilah yang disebut makula.
Bila makula mengalami kerusakan, bagian bayangan yang terletak di tengah akan terhambat, seperti ada daerah kabur terpasang di bagian tengah gambar. Sebaliknya, bagian bayangan yang berada di sekitar daerah kabur mungkin terlihat jelas. Sebagai contoh, bila penderita degenerasi makula melihat jam dinding, angka-angka jam akan terlihat jelas, tapi jarumnya kabur.
Kabar buruknya adalah, sampai saat ini tidak ada satupun obat atau tindakan yang bisa menyembuhkan penyakit degenerasi makula. Intinya, kita hanya bisa mencegah sedemikian rupa sehingga anak-anak kita tidak sampai menderita degenerasi makula. Dengan kata lain, perlindungan terhadap bahaya paparan sinar biru harus dilakukan sedini mungkin. Salah satu cara adalah dengan menjaga asupan lutein

Apa itu Lutein?
Lutein adalah suatu zat karotenoid. Fungsi lutein adalah sebagai penyaring sinar biru yang masuk ke dalam bola mata. Oleh karena itu, di dalam tubuh, lutein banyak ditemukan pada makula retina mata.
Sayangnya lutein tidak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga kebutuhan akan lutein harus didapat dari luar tubuh. Lutein banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau tua, buah-buahan dan ASI (Air Susu Ibu). Kecukupan lutein pada makanan membantu menjamin perkembangan mata yang sehat pada bayi dan anak. Karena kadar lutein yang paling tinggi terdapat dalam ASI maka semakin lama seorang bayi mendapatkan ASI, akan semakin terjamin kesehatan dan perkembangan matanya.
Selanjutnya, apa yang bisa dilakukan agar anak terhindar dari bahaya sinar biru? Ya meminimalkan paparan sinar biru pada mata anak, misalnya dengan membatasi jam nonton televisi atau bermain game di komputer. Lebih baik, biarkan anak bermain bebas atau berikan anak jenis mainan yang banyak melibatkan anggota badan untuk melatih gerak motoriknya.

No comments:

Post a Comment